Sabtu, April 25, 2009

Jamiroquai Pilih Vespa Daripada Ferrari


Pentolan grup kondang Jamiroquai, Jay Kay yang digosipkan akan membeli Ferrari Enzo ternyata lebih memilih untuk mengendarai skuter Vespa GT-60 yang di dunia hanya diproduksi ratusan unit saja.

Tidak terungkap apa yang menjadi alasan Jay Kay, sehingga dia lebih memilih mengendarai vespa ketimbang Ferrari Enzo. Apakah karena embel-embel Limited Edition atau Jay Kay nggak punya duit. Yang pasti Vespa GT-60 menjadi sangat spesial. Maklum, jumlahnya di seluruh dunia hanya 999 unit yang disainnya mencontek habis vespa tahun 1946.

Marco Lambri sebagai Chief Designer yang bertanggung jawab pada proyek berbau sentimentil ini, memang tak mau kehilangan detail. Desain retro pada varian ini nampak kental, contohnya adalah lampu utama yang terpasang di atas spakbor depan dan stang besi yang terbuka.

Identitas lainnya yang tetap dipertahankan adalah, pihak Piaggio melebur kelir motor ini hanya dengan satu warna. Ya, cat berkode Grey 725 ini sama persis dengan leluhurnya.

Kemudian ada pula jok two-seater yang dibalut kulit hitam dengan stitching (jahitan) yang sangat sempurna. Namun karena berbagai pertimbangan, model jok sudah melenceng dari pendahulunya, sebab versi tahun 1946 didesain single seater.

Karena jaman sudah berubah, maka pemilihan mesin sudah tentu tak akan mengikuti spek awal yang berbekal tipe 2 tak berkapasitas 98cc. Dibalik bodinya yang klasik tertanam seabrek teknologi canggih, volume mesin 250cc yang dicomot dari varian GTS dengan teknologi 4-katup plus sistem electric injection nan canggih rasanya tak membuat motor ini tampil imut.

Kemudian sistem pendinginan via radiator dan dual suspension di bagian buritan dan disc-brake depan belakang sudah cukup membuatnya makin modern.

Bagi pembeli skuter yang menjadi ikon romantisme Italia dan memiliki desain timeless (abadi) alias tetap bulat dan montok ini, Piaggio menyiapkan sebuah 'peneng' atau pelat besi yang bertuliskan serial number. Dan pembeli GT-60 akan mendapatkan sebuah buku sejarah vespa yang dikemas mewah serta cover (selimut) berbahan satin untuk melindungi motor dari debu.

0 komentar:

Posting Komentar